Kecepatan Angin Mencapai 50 Km/Jam,
Aceh Dilanda Angin Kencang dan Gelombang Tinggi  

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan sejumlah wilayah di Aceh dua hari ke depan, 03 hingga 04 Agustus 2016 akan dilanda angin kencang dan gelombang tinggi. BMKG meminta masyarakat agar waspada dengan kondisi tersebut.

Wilayah yang diprakirakan akan dilanda angin kencang yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Jaya.

Sebut prakirawan, Jaya Martuah Sinaga, S.Si, angin yang bertiup dari permukaan hinga  lapisan udara mencapai 3.000 feet yang bertiup dari arah Barat Daya menuju Timur Laut dengan kecepatan 10 hingga 50 Kilometer per jam.

Penyebab terjadinya angin kencang dalam dua hari kedepan, jelas Jaya, terdapatnya siklon tropis Nida di Laut Tiongkok dan terjadinya pusaran angin tertutup di sebelah Barat Daya wilayah Aceh. Terjadinya gangguan tersebut menyebabkan terjadinya angin kecang di beberapa wilayah di Aceh.

“Kami meminta masyarakat agar waspada dengan kondisi angin kencang yang berpotensi terjadi di Wilayah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, dan Aceh Jaya,” sebut Jaya.

Kecepatan angin yang berhembus dengan kecepatan maksimum 50 Kilometer/jam menyebabkan terjadinya gelombang tinggi di sejumlah perairan di Aceh.

Sebut Jaya di perairan Sabang-Banda Aceh tinggi gelombang mencapai 1.5 hingga 4.0 meter.  Sedangkan di perairan Barat-Selatan mencapai ketinggian 1.5 hingga 3.5 meter dan bagian Timur-Utara tinggi gelombang mencapai 1.25 hingga 2.5 meter. (saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com