3.390 Siswa di Banda Aceh Akan Terima Beasiswa Miskin  

BANDA ACEH – Sebanyak 3.390 siswa sekolah mulai sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas di Kota Banda Aceh akan menerima beasiswa miskin yang akan disalurkan oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Safwani Zainun menjelaskan, penyaluran beasiswa tersebut merupakan program tahunan Baitul Mal Banda Aceh kepada siswa sekolah dasar sampai sekolah menegah atas.

“Selain beasiswa miskin, Baitul Mal Banda Aceh juga menyalurkan beasiswa hafiz qur’an dan beasiswa santri dayah,” papar Safwani, kepada wartawan, di Banda Aceh Jumat (10/10).

Menurutnya penerima beasiswa merupakan usulan pihak sekolah yang disertai dengan verifikasi data Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orangtua siswa penerima bantuan beasiswa tersebut.

Safwani merincikan besaran beasiswa yang akan diterima oleh masing-masing siswa untuk tingkat SD sebesar Rp400 ribu per anak, kemudian tingkat SMP sebesar Rp450 ribu per anak dan tingkat SMA sebesar Rp500 ribu per anak.

”Kita sedang menyiapkan penyaluran beasiswa miskin bagi siswa SD sampai MA di kota Banda Aceh yang akan kita salurkan pada  Oktober ini,” kata Safwani.

Lebih lanjut, Safwani menambahkan selain beasiswa miskin pihaknya juga menyalurkan beasiswa setengah penuh kepada 200 siswa SLTP, masing-masing mendapatkan Rp540 ribu per siswa, kemudian beasiswa hafiz qur’an dan beasiswa santri dayah.

Sementara itu untuk  realisasi Zakat Mal di Kota Banda Aceh hingga September 2014 mencapai Rp10,4 miliar atau sudah mencapai 66 persen dari target penerimaan zakat mal tahun ini yang mencapai Rp15,7 miliar.

Dia juga merincikan untuk penerimaan zakat mal di Kota Banda Aceh berasal dari sektor jasa, zakat gaji PNS, Proyek APBK , dan pihak swasta. Potensi zakat terbesar berasal dari  swasta namun, kata Safwani belum digarap secara maksimal. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com