25 Pasutri di Takengon Ikut Itsbat Nikah

TAKENGON|AcehNews.Net – Sebanyak 25 pasangan suami istri di Takengon mengikuti Itsbat Nikah yang diadakan Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Kementerian Agama.

Kepala Bidang ( Kabid ) Bina Hukum Dinas Syariat Islam Aceh, Munawar Jalil,  Rabu (3/6/2015) mengatakan, tujuan diadakan kegiatan untuk memberikan pengesahan secara hukum negara kepada pasangan yang telah menikah, akan tetapi tidak memiliki buku nikah.

“ Memang selama ini masyarakat kita di Aceh secara umum telah menikah secara Islam dan sah secara Islam ketika syarat dan rukun dipenuhi, tetapi ketika mereka tidak memiliki buku nikah mereka tidak diakui negara, makanya kita terus menerus melakukan upaya agar mereka memiliki identitas hukum,” jelas Munawar Jalil.

Kegiatan Itsbat Nikah dilakukan selain bagi pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah juga diperuntukkan bagi korban konflik serta korban tsunami Aceh 2004 lalu. Munawar berharap dengan adanya kegiatan yang diadakan itu dapat mewujudkan masyarakat Aceh yang bermartabat, berkeadilan dengan mengamalkan nilai nilai dinul Islam.

Sementara Wakil Bupati Aceh Tengah. Khairul Asmara‎ mengatakan, pasangan suami istri yang terdata belum memiliki surat nikah masih relatif besar, menurutnya mencapai lebih dari seribu pasangan.

“Itu sudah jauh berkurang dari sebelumnya, setelah kita gencar lakukan sosialisasi ditambah dengan upaya itsbah nikah keliling yang dilakukan oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh Tengah‎,” ujar Khairul.

‎Karena itu, Khairul mengharapkan kerjasama semua pihak, baik instansi pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan upaya yang memotivasi warga yang belum memiliki dokumen nikah untuk mengurusnya segera, maupun masyarakat agar saling mengingatkan satu sama lain, sehingga  tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki dokumen nikah.

“Harapan kami juga kepada Dinas Syari’at Islam Provinsi Aceh jika tahun ini dapat dibantu terhadap 25 pasangan, agar ditahun-tahun mendatang dapat lebih ditingkatkan untuk membantu masyarakat kita”‎, demikian kata Khairul.(emka)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com