160 Ternak Meriahkan Expo se-Aceh  

KOTA JANTHO – Sebanyak 160 ekor sapi dan kerbau terbaik dan unggulan dari 21 kabupaten/kota se-Aceh mengikuti Expo Ternak Tingkat Provinsi Aceh yang digelar sejak 18-21 September 2014 di Pasar Hewan Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Aceh Besar.

Kegiatan yang juga dirangkai dengan Pameran Pembangunan Peternakan itu dibuka oleh Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah, Jumat (19/9). Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati,  Drs Syamsulrizal, Kadis Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh, M. Yunus, para Asisten Bupati, Muspida Aceh Besar, Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Indrapuri, drh Muchti MP, Kepala SKPD, camat, dan 500 peternak se-Aceh.

Kadis Peternakan Aceh Besar, Ahmad Tarmizi menyebutkan, kegiatan Expo Ternak 2014 tersebut merupakan kegiatan promosi dan ajang untuk lebih memotivasi peternak untuk melakukan modernisasi usaha peternakan yang telah ditetapkan Pemerintah Aceh sebagai agenda tahunan. Kata dia lagi, 2014 adalah suatu kehormatan bagi Pemkab Aceh Besar karena ditunjuk selaku tuan rumah Expo Ternak dan Pameran Pembangunan Peternakan.

“Jumlah ternak yang ikut kontes sebanyak 160 ekor, terdiri dari sapi Aceh, Sapi Simental, Limousine, Ras Rahman, Ras Bali, dan Kerbau Aceh dari seluruh kabupaten/kota di Aceh, kecuali Kota Langsa dan Aceh Selatan,” katanya seraya menambahkan, puncak kegiatan  dijadwalkan akan dihadiri Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah dan Dirjen Peternakan dari Jakarta, pada Minggu (21/9).

Adapun tim juri ditunjuk dari tenaga profesional yang berasal dari unsur senior pada Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Provinsi Aceh dan dari unsur Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Sedangkan pada tanggal 21 September akan dilakukan kontes burung dan ketrampilan hewan kesayangan yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Aceh.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah, berharap kepada seluruh peserta agar dapat menampilkan ternak unggulan dari daerahnya masing-masing secara fair dan senantiasa menjunjung nilai-nilai sportivitas, sehingga ajang perlombaan yang bertujuan untuk semakin memotivasi para peternak di seluruh kabupaten/kota di Aceh itu dapat berlangsung secara baik dan menghasilkan pemenang terbaik di akhir kegiatan. (Mariadi/*)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com