111 Perenang Indonesia Meriahkan Pulau Weh Dive Festival

SABANG|AcehNews.Net – Sebanyak 111  perenang (fin swimming) dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan Pulau Weh Dive Festival yang digelar di Pantai Gapang, Sabang dari 6 hingga 7 Juni 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbupar) Aceh, Reza Fahlevi saat pembukaan Pulau Dive Festival 2015, di Pantai Gapang , Sabang pada 6 Juni lalu mengatakan, festival ini digelar atas kerjasama Disbupar Aceh dengan Disbupar Kota Sabang, dan  Persatuan Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh.

“Ada 111 penyelam yang memeriahkah Pulau Weh Dive Festival 2015 yang digelar 6 hingga 7 Juni 2015 tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Aceh dan instansi terkait dalam mempromosikan Sabang sebagai daerah tujuan wisata unggulan nasional melalui penyelenggaraan tersebut.

Rincinya, terdiri dari 73 penyelam pria dan 38 penyelam wanita. Mereka berlomba untuk dua kategori, sport diving (olahraga menyelam) dan fun diving (selam santai). Sedangkan hadiah yang diperebutkan mencapai Rp62 juta.

Festival ini juga jelas Reza, sebagai rangkaian Seafood Culinary Competition, yakni atraksi lomba memasak kreasi berbahan makanan dari laut, baik basah maupun kering. “Kompetisi memasak ini menjadi media strategis mempromosikan kekayaan dan keberagaman sumber daya laut. Kekayaan laut tersebut diramu menjadi berbagai makanan kreasi,”sebut Reza.

Selain itu, kata Reza, Seafood Culinary Competition menjadi alat kampanye untuk menggugah dan membangun kesadaran masyarakat dalam rangka melindungi kelestarian ikan dengan larangan mengonsumsi hiu, lumba-lumba, dan penyu.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani menambahkan, penyelenggaraan Pulau Weh Dive Festival 2015 adalah salah satu agenda atraksi wisata Aceh yang terangkum dalam Calendar of Event (COE) Aceh 2015.

Ramadhani, berbagai atraksi menarik lainnya juga akan digelar sepanjang 2015, seperti Festival Kuliner Aceh yang sedang berlangsung di Taman Ratu Safiatuddin di Banda Aceh, Pacuan Kuda Tradisional di Aceh Tengah, Aceh International Surfing Championship di Simuelue, Aceh International Rafting Championship, Sabang Wisata Rally, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh International Islamic Art and.

Penyelenggaraan even ini merupakan agenda tetap even tahunan yang juga pernah digelar di Sabang, khususnya di kawasan wisata Pantai Gapang, tahun lalu dengan melakukan atraksi upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang diikuti oleh para diver dari dalam dan luar negeri. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com