11 Ruko di Banda Aceh Ludes Terbakar

AcehNews.net|BANDA ACEH – Sebelas rumah toko (ruko) di Jalan Diponegoro, Banda Aceh, Ahad pagi (16/10/2016), sekira pukul 05.20  hagus dilalap ‘si jago merah”. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan diprakirakan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Warga yang melintas di Jalan Diponegoro melihat kepulan asal hitam dari salah satu ruko di deratan itu. Kepanikan ini membangunkan pemilik toko yang berdekatan dengan deretan ruko yang terbakar.

Foto: Nurahman

Foto: Nurahman

Seorang saksi mata, Nurdin (27), mengaku terkejut melihat kepulan asap saat melintas di Jalan Diponegoro. “Saat saya melintas, saya kaget melihat kepulan asap berwarna hitam dan kobaran api yang mulai membesar. Waktu itu warga sudah ramai berdatangan, namun belum ada mobil pemadam kebakaran,” ceritanya.

Salah seorang petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Yudi mengatakan kepada AcehNews.net, mereka mendapatkan informasi dari masyarakat dan segera ke tempat kejadian.

sebanyak 13 unit armada kebakaran milik Pemko Banda Aceh dan Aceh Besar, ditambah satu unit mobil water canon  dari Polresta Banda Aceh, diturunkan untuk memadamkan api yang meludeskan 11 ruko di kawasan itu.

Sebelas unit ruko yang terbakar,  Mie Kocok Si Doel, Swalayan Mangga Dua, Gudang Istana Kado, Permas Swalayan, Mutiara Mie Kocok, Siang Malam Mie Kocok, Usah Foto Copi Nanggroe, Warkop Chek Yuke, Warkop Jroeh, Usaha Suryani, dan  Dinamika Marrine.

“Saat kami tiba ada delapan toko yang sudah terbakar. Api masih terus merambat ke bangunan toko lainnya, empat ruko lagi ikut terbakar,” kata seorang petugas pemadam kebakaran.

Amatan AcehNews.net di TKP, petugas tampak berupaya mengatasi kobaran api besar di sekitar gedung Percetakan Negara serta beberapa bangunan toko di kawasan Tepi Kali, Banda Aceh, meski hujan turun lebat pagi itu. Akhirnya dalam waktu sekira 3 jam api dapat dipadamkan.

Terlihat juga masyarakat terus berdatangan untuk melihat dari dekat kebakaran itu. Sejumlah polisi dari Polresta Banda Aceh, tampak sibuk mengatur arus lalu lintas di kawasan sekitar lokasi kebakaran yang mulai dipadati masyarakat.

Polisi belum mengetahui penyebab kebakaran yang meludeskan 11 ruko di kawasan Jalan Diponegoro dan sisa-sisa puing bangunan terlihat sudah digaris polisikan. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com