1.463 Keluarga Sangat Miskin di Banda Aceh Terima Bantuan

BANDA ACEH – Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banda Aceh kembali menyalurkan dana dari Program Keluarga Harapan (PKH). PKH kali ini merupakan tahap ke IV dan disalurkan kepada 1.463 Keluarga Sangat Miskin (KSM) dari delapan Kecamatan di Banda Aceh.

Kepala Dinsosnaker Kota Banda Aceh, Ridwan mengatakan, penyaluran dana PKH tahap IV diserahkan melalui PT. Pos Banda Aceh dengan jadwal yang telah ditentukan untuk masing-masing Kecamatan. Sebut dia, ada 1.463 KSM dari delapan kecamatan. Pembagian dan PKH dari 8-12 Desember 2014.

Dikatakannya, saat ini penerima dana PKH di Banda Aceh telah bertambah sesuai dengan usulan dari pihaknya diterima pusat, untuk penerimaan dana PKH tahap ke IV ini sudah bertambah KSM dari tiga kecamatan tersebut.

“Jadi sekarang sudah bertambah 348 KSM dari tiga kecamatan lagi dengan total tambahan mencapai Rp156.380.000. Secara keseluruhan dari delapan kecamatan mencapai Rp558.155.000 untuk 1.463 KSM,” sebut Ridwan.

Terkait dengan Kecamatan Kutaraja yang saat ini belum terpilih sebagai lokasi pengembangan PKH, Ridwan menjelaskan pihaknya telah beberapa kali mengusulkan, namun dari pusat dalam hal ini Kementerian Sosial RI belum meluluskan.

“Terbaru diluluskan tiga lagi, Jaya Baru, Meuraxa, dan Syiah Kuala, tapi Kutaraja sudah kita usulkan lagi. Kalau disetujui oleh Kemensos, mungkin tahun depan sudah termasuk sebagai lokasi pengembangan PKH juga,” kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan, bahwa PKH adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) atau Keluarga Sangat Miskin (KSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan dengan melaksanakan kewajiban.

Ia juga mengatakan pesertanya adalah ibu rumah tangga dari keluarga yang terpilih melalui mekanisme pemilihan oleh BPS sesuai kriteria yang ditetapkan (Ibu Hamil/Nifas, memiliki bayi sampai dengan usia prasekolah dan anak usia Sekolah Dasar dan SMP).

Besaran bantuan yang diterima, lanjut Ridwan tergantung dari kondisi masing-masing keluarga, jumlah bantuan akan berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi kekinian dari keluarga tersebut. Besar bantuan berkisar dari Rp800 ribu hingga Rp2.760.000/keluarga.

Adapun tujuan dari PKH ini adalah, untuk meningkatkan akses dari pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi anak-anak KSM, meningkatkan taraf sosial ekonomi KSM, meningkatkan kualitas kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, anak balita dan anak usia 5-7 tahun yang belum masuk SD dari KSM dan merubah perilaku KSM yang relatif kurang mendukung peningkatan kesejahteraan. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com